4 Makanan Khas Rembang Terbaru

By | September 25, 2020

Mencoba makanan khas Rembang bisa menjadi pilihan menarik jika sedang berwisata di arah jalur Pantura. Kota yang terletak di antara perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini meskipun kecil tapi memiliki banyak pilihan kuliner yang tidak kalah lezatnya. Oleh sebab itu jangan lupa mampir ke wilayah tersebut bila sedang melewatinya. Beberapa jenis makanan khas Rembang yang cocok dicoba atau dijadikan oleh-oleh yaitu sebagai berikut.

4 Makanan Khas Rembang Terbaru

1. Sate Srepeh

Banyak daerah di Indonesia memiliki resep makanan menu sate sebagai makanan khasnya. Baik itu terbuat dari daging ayam, daging sapi maupun daging kambing dan beberapa jenis daging yang lainnya. Sama halnya dengan Rembang yang rupanya memiliki makanan khas Rembang berwujud sate srepeh. Tentu saja bagi yang belum pernah mencicipi kuliner yang satu ini, pasti merasa penasaran dengan rasa dan bentuknya. Sate srepeh ini sebenarnya adalah sate ayam yang diolah dengan bumbu khas. Penyajiannya menggunakan alas daun jati, sehingga terasa lebih nikmat dan khas. Di kota Rembang ini yang paling terkenal yaitu sate srepeh milik Ibu Slamet, konon terkenal gurih dan lezat sehingga bikin ketagihan.

2. Lontong Tuyuhan

Makanan dengan bahan baku lontong memang sudah banyak terdapat di berbagai macam daerah. Namun biasanya yang membedakan yaitu menu penyerta serta bumbu racikan di dalamnya. Seperti itu pula jika melihat secara langsung makanan khas Rembang lontong tuyuhan. Namanya terdengar unik tapi bila dirasakan kelezatannya tiada tara. Tak heran jika menu makanan tersebut sukses menjadi kesukaan sebagian besar warga di kota Rembang. Menu lontong tuyuhan ini terdiri dari potongan lontong yang diberi sepotong ayam dengan kuah kuning kental serta taburan bawang goreng yang melimpah. Umumnya jenis makanan ini banyak ditemukan seputar Tuyuhan, Rembang. Penampakannya mirip dengan lontong sayur, hanya saja kuahnya lebih kuning kental serta rasanya khas bumbu ala Rembang. Menarik untuk dicoba bukan?

3. Urap Latoh

Pecinta sayuran sebaiknya coba dulu makanan khas Rembang yang satu ini. Namanya yaitu urap latoh, karena sebenarnya secara umum berupa masakan urap yang bercampur dengan berbagai macam bahan sayuran. Biasanya dalam seporsi urap latoh terdapat rumput hijau yaitu rumput latoh. Karena itu dinamakan warga dengan julukan urap latoh. Rasanya gurih dan tentu saja menyehatkan. Apalagi rumput daun latoh ini terasa asin dari asalnya. Berpadu dengan bumbu urap yang sedikit pedas, maka tak heran jika banyak yang menyukai makanan yang satu ini. Dijamin tidak menyesal dan bahkan ingin merasakannya lagi.

4. Kelo Mrico

Nama makanan khas Rembang yang satu ini bisa jadi terdengar cukup unik. Namun siapa sangka jika ada makna di balik dari pemberian nama makanan yang satu ini. Kelo dalam artinya sebenarnya yaitu sayuran, sementara mrico sama artinya dengan merica. Sehingga bila diartikan jenis makanan yang satu ini berupa sayuran merica. Namun demikian bukan hanya rasa pedas merica saja yang dominan. Melainkan ada rasa segar dan pedas yang asin serta gurih. Hal ini karena di samping sayuran seperti labu, makanan tersebut juga dicampur ikan bandeng atau jenis ikan laut lainnya. Wah, pantas saja rasanya enak ya.
Itulah beberapa makanan khas Rembang yang tidak hanya lezat tapi juga mengenyangkan. Selain itu bisa jadi tidak dapat menemukannya di daerah yang lain. Karena itu bentuk dan citarasanya sangat khas, yang pasti selalu menggugah selera. Coba saja!