Hal yang Harus Diperhatikan saat Renovasi Atap Baja Ringan

By | February 5, 2021

Hal yang Harus Diperhatikan saat Renovasi Atap Baja Ringan

Pemakaian renovasi atap baja ringan saat ini memang populer di kalangan kontraktor dan pembangunan Indonesia. Banyak pihak menyanjung material satu ini karena kelebihannya yang semakin mempermudah pekerjaan para tukang. Namun sebagus apapun jenis bahan pastinya juga harus memperhatikan beberapa hal yang utama.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan saat Renovasi Atap Baja Ringan

Setiap produksi atau pembangunan harus selalu mempertimbangkan tentang material yang dipakai. Salah satu favorit dari para kontraktor adalah baja ringan. Namun dibalik berbagai macam kelebihan ada pula kelemahannya ketika dijadikan material membangun rumah hunian ataupun bangunan lainnya.

  1. Harga dari Pihak Jasa

Pertama satu hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih baja ringan sebagai material renovasi rumah adalah harganya terus naik dari tahun ke tahun. Permintaan atas bahan ini memang selalu meningkat setiap waktunya. Seiring dengan itu kualitasnya juga semakin ditingkatkan menjadi lebih baik.

Bila dibandingkan kayu dan baja konvensional harganya terpaut sampai 2 kali lipat. Namun kembali lagi pada kebutuhan masing-masing. Kualitas setiap material tentunya berbeda-beda, sebelum memesan usahakan sudah riset dan mengetahui lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan setiap bahan.

  1. Material Baja Ringan

Banyak orang mengatakan bila material baja ringan dirasa cukup fleksibel dibandingkan lainnya, namun kenyataannya masih kurang jika dibandingkan kayu. Biasanya kayu bisa dibentuk menyerupai bentuk yang diinginkan, namun hal ini tidak berlaku bagi material baja ringan yang kaku.

Renovasi atap baja ringan harus menyesuaikan dengan profil atau bentuk tertentu. Walaupun tetap bisa disesuaikan namun akan kurang bagus pada hasil akhirnya. Selain itu, visualnya juga terlihat kurang estetis dan tampak kaku. Sehingga kurang cocok jika digunakan pada ruangan di rumah.

  1. Harus Akurat dalam Menghitung

Salah satu kelemahan dari baja ringan yang bisa berakibat fatal adalah saat salah dalam perhitungan. Kerangka harus dipasang secara presisi tanpa adanya kesalahan. Tidak hanya sampai disitu, Anda juga harus memperhitungkan efek pemuaian serta penyusutan yang akan terjadi.

Untuk itu jika ingin renovasi atap baja ringan sebaiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya. Agar semua rencana berjalan dengan lancar dan kerangka bisa terpasang dengan awet.