Tips  

4 Cara Mengolah Kunyit Untuk Kucing Mencret Yang Benar

kunyit untuk kucing diare

Alam terkenal dengan menyediakan obat herbal mujarab salah satunya ialah kunyit untuk kucing mencret.

Kunyit telah lama dipercaya sebagai rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat. Terutama dalam mengatasi luka di bagian dalam maupun luar tubuh.

Makanya tidak heran kalau pada akhirnya banyak yang memanfaatkan khasiat tersebut untuk menyembuah luka diare pada bagian dalam. Jadi, apakah Anda mau tahu bagaimana cara mengolah kunyit untuk obat mencret kucing?

Simak pembahasannya berikut ini ya kalau memang menginginkannya.

Kunyit Untuk Kucing Mencret

Di dalam situs badilag, dikatakan bahwa pemberian kunyit untuk kucing mencret dipercaya oleh sebagian pemiliki hewan dapat mengatasi gejala diare.

Alasannya karena kunyit mengandung kurkumin, antioksidan, vitamin, dan berbagai macam mineral yang bermanfaat untuk kesehatan manusia dan hewan, termasuk kucing.

Meskipun begitu sebagian lain berpendapat bahwa kucing tidak boleh diberikan kunyit. Mereka berdalih bahwa kunyit justru bisa menyebabkan sembelit.

Dalam hal ini Admin sendiri mengambil posisi sebagai pihak yang percaya bahwa kunyit dapat mengobati kucing mencret asalkan dalam takaran yang tepat.

Kuncinya ada pada takaran atau dosis yang diberikan kepada kucing yaitu harus tepat.

Meskipun kunyit mengandung zat yang bermanfaat untuk kesehatan, namun jika diberikan secara berlebihan untuk kucing, maka itu tidak baik juga.

Maka dari itu admin akan membagikan cara mengolah kunyit untuk kucing mencret yang baik dan benar biar kucing kamu bisa sembuh.

1. Siapkan kunyit mentah

Siapkan kurang lebih 2-3 jari kunyit mentah berwarna oranye cerah. Pastikan kamu mendapatkan kunyit yang berkualitas, tanpa campuran apapun, dan bukan kunyit untuk memasak.

Hindari mendapatkan kunyit dari supermarket karena kunyit dari supermarket  biasanya dikhususkan untuk bumbu dapur.

Alangkah lebih baiknya kalau kamu memperoleh kunyit yang masih di dalam tanah karena itu masih segar dan kandungannya masih utuh. Bersihkan kunyit agar tidak ada tanah yang menempel di kulit kunyit.

2. Parut kunyit sampai halus

Siapkan parutan untuk kunyit. Untuk menghindari warna kuning di parutan, maka kamu bisa melapisi parutan dengan kain atau daun pisang.

Haluskan kunyit mentah dengan cara diparut.

Jika tersisa sedikit dan kamu kesulitan untuk memarutnya, maka kamu bisa memotongnya menjadi bagian yang sangat kecil.

3. Masak kunyit di dalam air panas

  • Panaskan air di dalam panci hingga mendidih lalu campurkan kunyit yang sudah dihaluskan ke dalamnya.
  • Pastikan sisa-sisa kunyit yang menempel di parutan dimasukkan juga agar tidak mubazir.
  • Aduk sesekali agar kunyit termasak dengan baik.
  • Tunggu hingga air kunyit yang dimasak mengental seperti pasta gigi.
  • Proses ini bisa memakan waktu kurang lebih 15 sampai 30 menit tergantung dari seberapa banyak air yang dimasak.
  • Ketika sudah mengental, segera matikan api dan diamkan pasta kunyit hingga dingin.

4. Campur dengan minyak zaitun/minyak kelapa organik

Setelah pasta kunyit dingin, masukkan minyak zaitun/minyak kelapa organik ke dalam panci.

Kamu juga bisa manaburkankan lada hitam secukupnya sebagai bahan tambahan. Aduk pasta kunyit, minyak zaitun/kelapa organik, dan lada hitam hingga tercampur secara merata.

Terakhir masukkan pasta kunyit ke dalam wadah yang kedap udara dan simpan ke dalam lemari pendingin. Untuk memaksimalkan manfaatnya kamu bisa mencampurkan satu atau dua tetes pasta kunyit ke dalam makanan kucing basah.

Atau bisa juga memasukkan satu tetes saja ke minuman si empus. Pasta kunyit ini dapat bertahan lama hingga beberapa hari asalkan disimpan dengan baik di dalam lemari pendingin.

Nah itulah resep atau cara mengolah kunyit untuk kucing mencret yang bisa admin berikan. Semoga empus kamu segera sembuh dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *